Jumat, 28 Januari 2011

Penyebab Sakit Saat Olahraga Pertama Kali

Anda mungkin ingat saat pertama kali melakukan olahraga, saat malam tiba atau saat bangun tidur anda merasa sakit baik itu di tangan, kaki, pinggang dan di tempat lain. Rasa sakit atau ketidaknyamanan yang timbul merupakan masa adaptasi untuk membuat otot menjadi lebih kuat dan mampu melakukan tugas berikutnya. Karena itu seseorang sebaiknya tidak patah semangat atau justru berhenti berolahraga.

"Ketika seseorang berolahraga pertama kali maka otot akan mengalami sedikit stres fisik. Rasa sakit atau nyeri ini merupakan hal yang alami dari segala macam aktivitas fisik dan yang paling lazim terjadi pada tahap awal seseorang memulai sebuah program," ujar Professor Rick Sharp, ahli fisiologi olahraga dari Iowa State University di Ames, seperti dikutip dari WebMD, Kamis (27/1/2011).

Rasa nyeri dan ketidaknyamanan ini muncul antara 24-48 jam setelah berolahraga. Kondisi ini normal dan dikenal sebagai nyeri otot tertunda (delayed onset muscle soreness/DOMS).

Saat orang berolahraga itu artinya ia sedang menguji kekuatan tubuh dan otot yang menimbulkan ketegangan dalam serat otot. Lalu tubuh akan meresponsnya dengan memicu sintesis otot baru yang membuat otot tumbuh menjadi lebih kuat dan membuat orang mampu menghadapi beban yang lebih besar.

Setiap beban kerja bertambah maka otot-otot ini didorong untuk bertahan. Akibatnya otot menjadi stres dan menimbulkan rasa sakit. Kondisi inilah yang terjadi saat orang pertama kali olahraga atau mencoba berolahraga yang lebih berat dibanding sebelumnya.

Jika badan sakit usai olahraga ini, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit:

  1. Mengompres dengan es
  2. Istirahat
  3. Obat anti peradangan
  4. Pemijatan
  5. Melakukan peregangan.

Untuk pertama berolahraga lakukan stretching atau peregangan karena bisa mengurangi rasa nyeri yang timbul.
Mulailah dengan melakukan olahraga ringan lalu secara bertahap ditingkatkan intensitas dan frekuensinya. Melakukan pendinginan tepat sebelum olahraga berakhir (10 menit sebelum selesai) juga bisa memberikan mengurangi rasa nyeri.

                                                                                                                              Sumber: Detikhealth
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..