Jumat, 09 Maret 2012

Tips Agar Tidak Ngos-ngosan Saat Lari

Anda termasuk orang yang tidak kuat saat joging atau lari?
Ya, ngos-ngosan saat lari adalah akibat dari kurangnya asupan oksigen. Tubuh sedang membutuhkan banyak oksigen tetapipernapasan kita tidak bisa mengkompensasi kebutuhan oksigen tubuh. Berikut ini adalah cara untuk mengatur nafas agar tubuh tetap terpenuhi oksigen saat lari :

1. Bernapas dari mulut
Menggunakan mulut untuk napas memungkinkan lebih banyak oksigen yang masuk dan karbon dioksida yang keluar dibanding dari hidung. Jika mencoba bernapas dari hidung sambil berlari membuat otot-otot wajah mengencang dan rahang cenderung mengepal atau mengeras.

Sedangkan napas melalui mulut akan mendorong otot-otot wajah untuk rileks sehingga menciptakan ketenangan dan lebih santai. Jika mulai merasa kehabisan napas maka perlambat sedikit larinya.

2. Gunakan pernapasan perut lebih sering
Cobalah bernapas dari perut atau diafragma dan bukan dada. Cara melatihnya berbaring terlentang dan lihat gerakan perut saat bernapas. Jika seseorang bernapas dengan benar maka seharusnya perut naik dna turun setiap kali napas, sementara dada kurang bergerak. Lakukan teknik ini saat berlari.

3. Mengambil napas pendek dan dangkal
Menariknapas terlalu panjang dan dalam bisa membuat seseorang tidak mampu belari jauh atau lama, untuk itu bernapaslah pendek secara dangkal sehingga leih mudah mengatur napas.

4. Napas yang dilakukan berirama
Hal utama yang perlu diingat adalah sebaiknya menarik dan mengeluarkan napas secara konsisten atau berirama, terlepas dari seberapa cepat seseorang berlari. Misalnya ada orang yang setiap 2 langkah lari baru mengambil napas, tapi ada juga yang 3 langkah setiap napasnya. Pola ini disesuaikan dengan kondisi tubuh.

5. Dengarkan napas Anda
Gunakan telinga untuk mengontrol pernapasan. Jika mendengar napas mulai terengah-engah maka kurangi kecepatan berlari, jika sudah mulai stabil bisa secara perlahan ditingkatkan kecepatannya.

Bernapas dengan benar akan sangat penting untuk menurunkan stres dan meningkatkan stamina fisik yang tepat. Belajar untuk fokus pada pernapasan saat berlari memang tidak mudah, tapi hal ini bisa dilatih ketika sedang berjalan hingga nantinya tubuh menjadi terbiasa.

Daftar Pustaka :
Detik Health
Reactions:

10 comments:

Bagus sekali tipsnya Gan, kebetulan saya orang yg ga kuat lari jarak jauh...

Nice share

bagus kang tipsnya, share teruss ya kang :D

bagus bgt tipsnya, soalnya saya orgnya agak gemuk jd cpt bgt capek....

Adis. Thank u..

Boby. Ok :)

Bla-bla, jgn diporsir, sedikit2 demi sedikit pasti nanti kuat, Try it!!:)

thx , tipsnya guna banget buat gue :)

Bagus tipsnya untuk tes lari besok disekolah hehehe

Saya kalo lari kuat tapi setelahnya langsung ngos ngosan rasanya sampai kehabisa nafas,
cara mengatasinya gimana supaya setelah berlari tidak ngos ngos'an,
mohon pencerahannya,

Thank atas tips-nya...

smoga bermanfaat minggu nanti...
amieeenn

terimakasih, informasinya bagus

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..