Sabtu, 29 Januari 2011

Salmonelosis

DEFINISI
Salmonellosis disebabkan infeksi kuman yang bernama Salmonella. Salmonella terutama tersebar kepada manusia kalau makan makanan kurang matang dari binatang yang terkena yaitu daging, unggas, telur dan campurannya. Pencemaran silang terjadi kalau Salmonella mencemari makanan siap santap. Salmonella bisa tersebar di antara sesama manusia lewat tangan orang yang terkena, juga bisa dari hewan kepada kita.

PATOGENESIS
Mikroorganisme salmonella masuk dan berkoloni di jejunum/ileum/kolon, menginvasi ke sel epitel mukosa usus dan lamina propia. Invasi ini mengakibatkan infiltrasi sel-sel radang, merangsang sintesis prostaglandin, salmonella memproduksi heat-labile cholera-like enterotoksin. Terjadi nekrosis mukosa akibatnya aliran darah ke mukosa menurun, terbentuk ulkus menggaung à eritrosit dan plasma keluar ke lumen à tinja bercampur darah.

GEJALA KLINIS
Gejala sering mulai 6-72 jam setelah infeksi dan biasanya berlangsung selama 4-7 hari atau lebih lama. Pada umumnya orang yang terkena Salmonella mengalami sakit kepala, demam, kejang perut, diare, mual dan muntah. Diare dapat mencapai <10X dalam sehari, berbentuk cair, berdarah disertai lendir yang jarang dan berbau amis. Bayi, orang lansia dan yang sistem ketahanannya lemah lebih cenderung menjadi sakit parah. Pada kasus diare ringan Self limited disease sembuh sempurna 2 -  4 hari. Pada pemeriksaan fisik didapati mata cekung,  turgor kulit menurun, kontraksi otot menurun, bising usus meningkat.

DIAGNOSA
Untuk diagnosa, dokter atau rumah sakitnya akan mengirimkan contoh kotoran/feses ke laboratorium guna ujicoba Salmomella. Pada pemeriksaan Bakteriologis  dan darah akan ditemukan kuman salmonella dan pada mikroskopik tinja  ditemukan banyak eritrosit dan leukosit PMN.

PENATALAKSANAAN
  1. Istirahat dan minum. Ada pula yang memerlukan rawat inap karena kehabisan cairan tubuh atau jika infeksinya tersebar dari usus ke arus darah dan bagian tubuh lainnya.
  2. Karena Salmonella bisa terbawa di tangan, selalu mencuci tangan dengan teliti itu penting sesudah ke WC dan sebelum menyiapkan makanan. Tangan patut dicuci dengan sabun dan air sekurangnya selama 20 detik, lalu dibilas dan dikeringkan. Bagian-bagian di bawah kuku tangan maupun di antara jari-jari patut diperhatikan dengan lebih teliti.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..