Selasa, 20 Maret 2012

Mengapa Roti Lebih Cepat Membuat Lapar dari pada Nasi?

Apa alasan orang Indonesia lebih suka makan nasi dari pada makan roti? Tepat sekali, roti tidak mengenyangkan perut orang Indonesia dan nasi adalah makanan pokok yang bisa mengenyangkan. Bahkan ada ungkapan yang sangat terkenal "belum dikatakan makan kalau belum makan nasi", karena memang nasi adalah makanan yang bisa mengenyangkan dan bisa bertahan lebih lama dari roti. Lalu How about bread? Mengapa roti sulit membuat kita kenyang dan cepat membuat lapar?

Ternyata roti mempunyai kandungan sejenis karbohidrat sederhana yaitu jenis karbohidrat yang mengandung kadar gula tinggi, ketika dicerna akan langsung menjadi energi dengan cepat dan meningkatkan kadar gula darah. Terigu sebagai bahan dasar pembuat roti sebetulnya sama dengan nasi yaitu termasuk jenis karbohidrat sederhan, hanya yang membedakan adalah roti disajikan sudah dalam bentuk olahan yang lembut sehingga lebih mudah dicerna dan lebih cepat menjadi energi.  Roti bisa mengenyangkan kita kurang lebih selama 2 jam sedangkan nasi bisa sampai 4 jam. Inilah yang menyebabkan mengapa roti lebih cepat membuat kita lapar dari pada nasi.

Sebagai tambahan, selain nasi dan roti yang merupakan sumber karbohidrat sederhana adalah, gula pasir, sirup dll. Karbohidrat sederhana lebih cepat mencapai darah dalam bentuk glukosa, sehingga terjadi peningkatan insulin (hormon yang mengubah glukosa menjadi bentuk simpanan glikogen) dalam darah. Peningkatan insulin terus-menerus dan cepat bisa membuat resistensi gula terhadap insulin sehingga gula tidak bisa disimpan dalam bentuk glikogen dan tetap tinggi kadarnya di dalam darah, yang bisa menyebabkan penyakit diabetes. Ditambah lagi kita cepat lapar karena yang kita makan adalah karbohidrat sederhana, maka kita akan berusaha menghilangkan lapar dengan makan lagi dan lagi. Jadi semakin banyaklah gula di dalam darah.

Agar kita lebih lama merasa kenyang dan tidak terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat sederhana ada solusi yang bisa mengurangi resiko diabetes dan kegemukan karena karbohidrat sederhana, yaitu dengan makan karbohidrat kompleks yang merupakan karbohidrat yang lebih lama diproses menjadi energi dari pada karbohidratbsederhan. Contoh makananya seperti roti gandum, sereal gandum, nasi merah, jagung, ubi dan singkong, oatmeal, nasi merah, brown rice dll. 

Sekarang mau pilih mana? roti, nasi putih, singkong atau brown rice?




Reactions:

17 comments:

Ane milih nasi aja! biar lebih kenyang!
salam sob, ditunggu komenbacknya

Orang indonesia kalo belum makan nasi ya di bilangnya belum makan heheheeee

roti cocok buat sarapan pagi untuk yang males maem nasi hehe...biasanya aku makan roti pagi mas sarapan,good share

Wah, nice info nih..
makan nasi aja deh kalo gitu *berasa bukan orang Indonesia*..

berkunjung pagi, di hari rabu

Klo rotinya pake nasi gak bakal lapar lagi

pagi2 maem nasi goreng, wahh uenaknyaaaaa rek...

saya lebih suka makan nasi sobb,,, lebih kenyang,, kecuali kalo waktu mepet,, dan sedang sibuk saya makan roti untunk mengganjal perut,,,

Salam sob sekalian kunjung siang nich,, saya biasa maem nasi sob,, kalo roti paling di temenin ma kopi sob..hehe, makasih infonya sob jadi nambah pengetahuan lagi..

Sebenarnya tergantung kebiasan, Sob. Apa yang kumakan dan bisa jadi kenyang biasanya bisa bertahan lama kok. Pasti berbeda dengan orang lainlah.

cizz for u n cizz back pls!

siipp...
enakan nasi,lbih murah dari roti lagi .. hehe
linknya udah ane pasang gan,, link back ya :)

Perut saya perut nasi, biar hanya tiga sdm sudah berasa kenyang :)

tapi kalo rotinya segede paha sapi kira2 gimana yah...

Wong Cerbon@ sok atuh dimakan,,, :D

Djendral Berbagi@ Singkong salah satu karbohidrat kompleks, yang lebih lam bisa bikin kenyangnya,,

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..