Selasa, 14 Februari 2012

Tips Agar Anak Tidak Stres Saat Ujian

Sebagai orang tua pasti ingin yang terbaik untuk sang anak, tidak terkecuali prestasi anak yang nantinya akan membanggakan bagi orang tua. Ujian Nasional dan Ujian Semesteran memang belum di depan mata, tapi alangkah baiknya sebagai orang tua mempersiapkan segala sesuatu agar anak kita nanti sukses, termasuk mencegah anak agar tidak stres saat ujian nanti.

Ujian memang salah satu yang membuat anak gampang stress, mereka harus berfikir keras untuk bisa memecahkan soal-soal di meja mereka ditambah kebanyakan orang tua menargetkan kepada anak harus dapat nilai yang bagus dan mendapatkan peringkat yang bagus pula. Betapa kecewanya jika sang anak tidak bisa mengerjakan atau gagal dalam ujian, pati terjadi tekanan yang hebat pada diri anak tersebut.

Berikut ini adalah tips-tips agar anak tidak stres menghadapi ujian :
  1. Berikan motivasi kepada anak, pahamkan tentang ujian agar anak termotivasi. Jangan buat anak merasa takut dengan ujian tetapi buat anak merasa senang sehingga termotivasi
  2. Tidak menggunakan obat-obatan penghilang depresi, ini akan membuat anak kecanduan dan efek yang buruk bagi kesehatan.
  3. Bantu anak mempersiapkan segala sesuatu mengenai ujiannya. Menemaninya belajar akan bisa mengurangi stres anak dan meningkatkan kepercayaan dirinya saat menghadapi ujian. 
  4. Hindari sistem kebut semalam (SKS), karena hal ini tidak akan efektif untuk sang anak. Justru anak akan merasa kelelahan yang akan menambah stres anak saat mengerjakan ujian.
  5. Memberikan batasan terhadap kegiatan lain saat anak harus menghadapi ujian seperti waktu bermain, menonton televisi atau kegiatan ekstrakurikuler di sekolahnya. Sehingga anak memiliki waktu lebih banyak untuk belajar.
  6. Ajarkan anak untuk berfikir positif tentang ujian, karena jika berfikir negatif akan menambah stres sang anak. Berikan motivasi kalo anak anda dapat melewati ujian dengan baik. Jangan biarkan anak memikirkan kegagaan.
  7. Jangan memberikan anak target setinggi langit. Target tetap ada tetapi motivasi untuk target itu lebih penting.
  8. Dan yang paling penting adalah kesehatan anak, berikan akan yang cukp dan gizi yang cukupsehingga daya tahan tubuh anak terjaga, bisa juga dengan memberikan vitamn. Hindari agar anak tidak jajan sembarangan yang bisa membuat dia sakit dan akhirnya gagal ujian.
Semoga dengan tips di atas kita bsa selalu memberikan anak yang terbaik.
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..