Minggu, 12 Februari 2012

Bantal Untuk Si Bayi Jangan Sembarangan

Bagi calon orang tua mempunyai momongan adalah dambaan hampir semua calon ibu dan ayah. Begitu kita menyayangi bayi tersebut pada saat masih di dalam kandungan sampai selamanya. Saat masih bayi kita berusaha menyayangi dan menjaganya. Tetapi apakah anda menyadari bahwa kadang-kadang secara tidak kita ketahui perilaku kita terhadap bayi yang kita anggap memberikan kenyamanan malah justru membuat bayi kita tidak nyaman? Salah satunya adalah penggunaan bantal.

Bayi yang baru lahir sebenarnya lebih nyaman jika tidur tidak menggunakan bantal  atau tidur dengan posisi datar. Penggunaan bantal memang penting tetapi itu tergantung usia bagi anak-anak, bahkan pada orang dewasa akan merasa sakit leher jika kebiasaan menggunakan bantal saat tidur tiba-tiba tidak menggunakannya pada suatu waktu.

"Bayi yang berusia di bawah 2 tahun tidak dianjurkan untuk menggunakan bantal, meskipun sudah terdapat dalam satu set perlengkapan tidur. Ini disebabkan hal tersebut akan mengurangi kenyamanannya dan mengganggu waktu tidurnya," ujar Judith Owens, seorang ahli pediatric sleep, seperti dikutip dari Babycenter, Jumat (5/3/2010).

 
Penggunaan bantal di usia bawah 2 tahun bisa menyebabkan leher tercekik, karena posisi bantal yang lebih tinggi memungkinkan leher tertekuk dan tercekik. Orang tua mulai memperkenalkan bantal kepada anak sebaiknya di atas 2 tahun dan secara bertahap dengan memberikan bantal khusus untuk anak-anak sampai nanti pada saatnya menggunakan bantal untuk orang dewasa.


Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..