Minggu, 12 Februari 2012

Soto Kudus Menu Cocok Untuk Makan Siang

Soto Kudus adalah soto yang berasal dari Kudus. Soto Kudus terdapat dua jenis soto ayam dan soto kerbau. Soto Kudus cenderung berasa manis dan sedikit lebih encer. Banyak ditemukan di kota-kota besar pada umumnya, menjajakan Soto Kudus tapi dengan memakai daging sapi. Padahal di Kudus sendiri pemakaian daging sapi sebagai bahan baku soto sangatlah dihindari, karena adanya kepercayaan daerah secara turun-menurun yang melarang penyembelihan sapi. Dahulu kala, Kudus merupakan salah satu basis penyebaran agama Hindu. Sebagaimana diketahui bahwa pemeluk agama Hindu mengganggap sapi sebagai binatang suci yang tak boleh disembelih. Ketika Islam sampai di Kota Kudus dengan perantara As Syaikh Ja'far Shodiq Sunan Kudus, beliau pun menghimbau pengikut untuk tidak menyembelih sapi meskipun halal. Sehingga sampai sekarang pun daging sapi jarang di jumpai di pasar-pasar tradisional di Kudus. Sebagai gantinya orang Kudus lebih familiar dengan daging kerbau atau ayam.

Yang khas dari Soto Kudus adalah penyajiannya, yaitu dengan mangkok kecil dan menggunakan sendok yang kecil tapi mempunyai daya tampung lebih dari sendok makan biasa. Bahan pembuatan soto Kudus adalah daging ayam atau daging kerbau, tauge, bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, kemiri, merica, ketumbar, dan garam, dan bahan lainnya yang tentunya membuat soto khas kota kretek ini nikmat untuk santap siang. Kuahnya yang membanjiri mangkok imut ini sangatlah lezat karena ada campuran dari kaldu ayam atau kerbau ditambah lagi sedikit peresan jeruk nipis dan kuh yang ngepul menambah kesegaran tersendiri di siang hari.

Makan soto Kudus kurang lengkap kalau tidak dibarengi dengan tempe goreng, sate telur puyuh, sate ati empela dan sate usus, dijamin anda akan merasakan sensasi kenikmatan dar soto Kudus. Srruuuuuupppp....!!!
Reactions:

0 comments:

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..