Selasa, 14 Februari 2012

Mengungkap Fakta Bersin

Hampir semua orang pernah mengalami reflek ini. Bersin timbul jika kita menghirup debu, benda lain yang ukurannya kecil, bakteri ataupun virus khususnya influenza. Bersin adalah gejala normal tubuh yang bertujuan untuk mengeluarkan benda asing yang masuk ke salura pernafasan.

Tetapi tahukah anda kalau bersin itu bukan hanya organ pernafasan saja yang ekerja dalam proses bersin itu sendiri? Prosesnya tidak mudah dan melibatkan banyak organ lain dalam prosesnya.

Berikut ini adalah fakta tentang besin yang mungkin baru kita ketahui :

1. Bersin mempunyai kecepatan tinggi.
Bersin adalah suatu reflek mengeluarkan benda asing dan lendir dalam mulut maupun hidung yang mempunyai kecepatan 100 mil per jam dan mengeluarkan kurang lebih 100.000 kuman. Maka dari itu alangka baiknya anda menutup mulut dan hidung saat bersin, agar tidak menularkan kuman ke orang-orang sekitar.

2. Olahraga bisa menyebabkan bersin.
Ini ditimbulkan karena latihan yang berat membuat mulut dan tenggoroka kering akibatnya reaksi tubuh akan meneteskan cairan di dalam saluran napas sehingga memicu bersin.

3. Pada saat tidur tidak bisa bersin
Disebabkan karena saraf yang mengatur bersin itu istirahat saat kita tidur

4. Bersin bisa disebabkan sinar matahari
Bisa terjadi pada orang-orang tertentu karena genetik dari orang tua.

5. Seks bisa memicu bersin.
Ternyata saraf parasimpatis yang bekerja saat menikmati seks bisa memberikan sinyal kepada saraf bersin untuk memicu bersin pada beberapa orang.

6. Bersin adalah reflek untuk menjaga tubuh
Bersin merupakan sistem pertahanan tubuh, melindungi tubuh dengan membersihkan hidung dari bakteri dan virus serta benda asing seperti debu dengan cara melontarkannya ke luar melalui saluran hidung dan mulut.

Ada orang bilang bahwa jantung kita berhenti berdetak saat kita bersin, apakah itu benar? aliran darah Anda sesaat sesak juga. Akibatnya, irama jantung anda mungkin berubah, tapi jelas tidak berhenti.

Kemudian apakah bola mata akan ikut terlempar keluar pada saat kita bersin?  bola mata Anda tidak bisa muncul dari kepala Anda ketika Anda bersin. Kebanyakan orang secara alami menutup mata mereka ketika mereka bersin, tetapi jika mereka mampu membuat mereka tetap terbuka, mata mereka tetap tertanam kuat di kepala mereka di mana mereka berada. Sementara tekanan darah orang di belakang mata mungkin akan menambah sedikit ketika dia bersin, itu tidak cukup kuat untuk mengusir bola mata dari kepala.


Bersinlah, niscaya kamu akan sehat!! :-)

Reactions:

3 comments:

wow...
tidak menyangka...
bersin bisa sehebat itu... :D

kalau g bisa bersin gmana??

berarti org tersebut kehilangan salah satu pertahanan tubuhnya,,,

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..