Sabtu, 11 Agustus 2012

FAKTA UNIK MUDIK

Mudik adalah satu kata yang fenomenal di negara kita tercinta ini. Ya, kebiasaan pulang kampung menjelang Hari Raya Ied Al-Fithri ini seakan-akan sudah menjadi budaya. Macet, rame, kecelakaan, senang, sedih, tiket, kereta, bus dll. adalah kata-kata yang sering muncul saat mudik. Jika anda salah satu penikmat mudik pasti anda akan menemukan banyak hal yang menarik saat mudik. Berikut ini adalah fakta-fakta yang pasti anda temukan pada saat mudik.

  1. Hanya ada di Indonesia. Kalaupun ada di negara lain itu namanya 'go back' bukan mudik (yaelah istilah doang)
  2. Dilakukan saat menjelang lebaran. Kalau ada istilah mudik selain menjelang lebaran mungkin orang tersebut baru dapat tiket kendaraan, atau mungkin orang tersebut lebaran di bulan lain.
  3. Semua kendaraan terpakai, bahkan motor untuk angkutan barang juga ikut meramaikan tradisi ini
  4. Jakarta menjadi lebih lengang dari hari biasanya. Untuk catatan, lebih dari setengah penduduk Jakarta meninggalkan Jakarta. Hati-hati peluang pencuri dan kebakaran lebih besar.
  5. Jalan raya antar propinsi menjadi lebih rame dengan kendaraan.
  6. Kontraktor jalan kejatuhan rezeki melimpah, soalnya banyak perbaikan jalan mendadak.
  7. Jasa Marga dan perusahaan tol yang lain menjadi pihak yang paling beruntung.
    Pom bensin menjadi tempat wisata favorit dalam beberapa hari, banyak mobil dan motor parkir, pedagang, dan tentunya kotak duit depan kamar kecil cepat penuh.
  8. pedagang makanan musiman di pinggir jalan meningkat siang malam. Toko oleh-oleh juga sampai begadang.
  9. Kecelakaan meningkat (terlalu serius pembahasannya)
  10. Tugas malaikat Mika'il penyampai rizki lebih ringan, karena banyak pemudik yang membatalkan puasanya di jalan.
  11. Para pendosa meningkat, karena pada saat mudik emosi diuji, yang tidak sabar pasti akan mengeluarkan sumpah serapah, bahkan hewan di ragunan pada ikut-ikutan mudik dan banyak juga yang berubah menjadi kambing hitam. Nah, yang ini malaikat Atid sibuk mencatat mereka.
  12. Calo tiket kereta, bus, pesawat sampai kapal meningkat, maklum mreka juga pengen mudik jadi cari ongkos tambahan.
  13. Stasiun, teminal, bandara dan pelabuhan menjadi ramai pemudik bahkan bengkel dan tukang tambal ban kebanjiran order.
  14. Jangan lupakan tiket juga lebih banyak disebut oleh mulut para pemudik, ada yang kehabisan tiket, tiket mahal, sampe tiket rusak juga ada.
  15. Kalau ada arus mudik pastinya ada arus balik.
  16. Stasiun-stasiun televisi ikut-ikutan sibuk menayangkan acara mudik live, bahkan ada yang sedang mengendarai kendaraan diminta berhenti untuk diwawancarai (mbak malah bikin tambah macet saja berhenti tiba-tiba).
Walaupun demikian mudik bertujuan mengunjungi keluarga di kampung untuk mempererat silaturrahim. Mudah-mudahan anda yang ingin mudik agar berhati-hati dan selamat sampai tujuan. SELAMAT HARI RAYA IED AL-FITHRI 1433 H Taqobbalallahu Minna wa minkum, taqobbalallahu yaa kariim.





Reactions:

3 comments:

Thanks ya infonya
visit to http://copaznews.blogspot.com/

wah wah emang cuma ada dindonesia
back yah

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..