Minggu, 15 Januari 2012

K-pop Melanda Dunia

Aku mau ngupas sedikit tentang music yang sekarang ini sedang digandrungi anak-anak muda dunia. Ya, tepat banget “K-Pop”. Sebetulnya aku tidak menyukai jenis music ini, tapi untuk informasi bagi pembaca, ya, it’s ok untuk memanjakan kalian. So, simak ya ulasannya.

 
K-pop, kepanjangannya Korean Pop ("Musik Pop Korea"), adalah jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus music dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara termasuk tempat tinggal kita Indonesia dari mulai anak-anak sampe ibu-ibu rumah tangga.

Musik pop Korea pra-moderen pertama kali muncul pada tahun 1930-an akibat masuknya musik pop Jepang yang juga turut memengaruhi unsur-unsur awal musik pop di Korea. Penjajahan Jepang atas Korea juga membuat genre musik Korea tidak bisa berkembang dan hanya mengikuti perkembangan budaya pop Jepang pada saat itu. Pada tahun 1950-an dan 1960-an, pengaruh musik pop barat mulai masuk dengan banyaknya pertunjukkan musik yang diadakan oleh pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan. Musik Pop Korea awalnya terbagi menjadi genre yang berbeda-beda, pertama adalah genre "oldies" yang dipengaruhi musik barat dan populer di era 60-an. Pada tahun 1970-an, musik rock diperkenalkan dengan pionirnya adalah Cho Yong-pil. Genre lain yang cukup digemari adalah musik Trot yang dipengaruhi gaya musik enka dari Jepang.

Boy band atau Girl Band, seperti Smash, 7icon, Cherrybelle, SOnine, bahkan 7ikan. istilah Boy dan Girl Band sebetulnya dari Amerika yang di populerkan kelompok music seperti Backstreet Boys, Boyzone dll. Tetapi tentu saja warna musiknya yang membedakan antara Boy and Girl band dengan K-pop.

Yah, apapun namanya dan bentuk musiknya tidak bias dipungkiri bahwa sekarang dunia sedang dilanda K-pop bagaiman dengan kamu? Apakah sekarang sedang bernyanyi dan menirukan gaya dance dari salah satu bintang-bintang K-pop???
Reactions:

2 comments:

Saya juga suka Kpop….apalagi yg namanya Girls Generation, pokoknya cantik2 deh…
blognya bagus nih, infonya lengkap..daftarin aja ke lomba blog yg ada di FBnya Korea Tourism Organization Indonesia namanya
Pemilihan Touch Korea Tour Pengalaman Tim Event
..hadiahnya bisa jalan2 ke Korea 5 hari 4 malem…Saya juga sedang ikutan..

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..