Minggu, 29 April 2012

Kenapa Pada Tikungan Jalan Dibuat Miring ke Dalam?

Pernahkah anda memperhatikan kalau jalan raya yang anda lalui sebenarnya miring tiap kali ada tikungan? kalau anda tidak percaya coba perhatikan dengan seksama ketika anda melewatinya. Pasti anda pernah melihat balap mobil dunia yang sirkuitnya dibuat miring dan jika kita berada di dalam mobil ketika tiba-tiba melewati tikungan badan kita akan terasa terlempar ke arah yang berlawanan dari arah mobil belok. Pernah mendengar kecelakaan sebuah truk yang terguling di belokan? Pasti anda bertanya-tanya dengan fenomena di atas. Why and how?

Saat kita SMA silam pasti kita ingat pernah belajar pelajaran fisika. Well, itu semua karena pada saat kendaraan melaju dan melewati tikungan mempunyai gaya sentrifugal. Apa itu gaya sentrifugal? yaitu gaya yang mendorong ke arah luar lingkaran. Secara tidak sadar pada saat menikung kita membuat gerak melingkar dan saat kita menikung ada gaya sentrifugal yang akan memaksa kendaraan untuk melaju ke arah lurus sehingga seakan-akan kita terdorong keluar dari lingkaran atau tikungan. Coba anda perhatikan gambar di bawah ini!.

Kemiringan pada tikungan berguna untuk menahan atau mengurangi gaya sentrifugal tersebut sehinga kendaraan tidak akan terlempar keluar jalan. Apa jadinya jika sebuah tikungan tidak dibuat miring, pasti akan banyak hal yang tidak diinginkan.

Seorang pembuat jalan harus jeli dalam membangun sebuah jalan, apakah jalan yang dibuat termasuk jalur cepat atau jalur lambat untuk kendaraan, karena akan menentukan tingkat kemiringan sebuah tikugan jalan. Jika jalur cepat maka kemirinan akan dibuat lebih tinggi dan lebih luas karena walaupun sudah dibuat miring jika kecepatan sangat tinggi masih ada gaya sentrifugal yang tersisa sehingga jalan dibuat lebih luas. Dan sebaliknya jika jalan yang dibuat merupakan jalur lambat tingkat kemiringannya pun disesuaikan. 

Kita sebagai pengemudi harus berhati-hati ketika akan melewati jalan menikung, lihat kemiringan tikungan itu apakah tinggi atau tidak, apalagi jika tidak ada kemiringan yang pas tetapi anda tetap melaju dengan kecepatan tinggi bisa-bisa kendaraan anda terlempar bahkan terguling.
Reactions:

21 comments:

oh iya bener jugak ya? jadi biar mobilya gak kelempar kalu pas ngebut..
iya-iya
#ngangguk-ngangguk

boleh juga infonya, mampir disini sahabat...

visiting here with a smile~~~ =)

pertamax agan sharenya, jd ingat masa SMA.

Zero@Tepat mas bro..

Ranti@ Thank u :)

Yasir@Yoi...

Mantef banget artikelnya..sippp

iya benar, sob. tapi meskipun berbahaya, tikungan menjadi tempat favorit untuk menyalip ambil posisi kalo lagi race,,, :)

Wah begitu toh ternyata, nice post gan....

hmmmm... gitu toh.... nice share sob... nambah lagi nih ilmu ane..!

berkunjung perdana nih sobb,,

Karena itu toh, batu tahu. Tq infonya

nice info mister :)

oh ternyata begitu ya..
tapi sayngnya sy blm SMA, jd gak ngerti gaya sentrifugal itu apaan :D

oh gitu ya.
makasih atas artikelnya

Menambah pengetahuan

nice post :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

Sebenarnya masih banyak lagi yang harus di jelaskan dalam artikel ini. Itu hanya sebagian kecil yang dari sebuah pengtahuan. Di sini tidak dijelaskan lawan dari gaya sentrifugal yang berfungsi untuk mengimbangi gaya sentrifugal itu sendiri, kemudian apa pengarungnya terahadap kendaran pada saat melintas pada kecepatan maksimum, lalu gaya apa saja yang berkaitan dengan gaya sentrifugal, bagaimana agar gaya sentrifual itu dapat di minimalisir dalam bentuk hitungan bukan teori saja, jadi harus duktikan dan masih banyak lagi cerita tentang gaya sentrifugal yang menarik. ThankZ

Thank u masukannya . . .

Sangat membri masukan kepada saya gan, terimakasih

Posting Komentar

Bagi yang mau komentar dipersilahkan..